Cari Blog Ini

Senin, 16 November 2009

Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN INTELEKTUAL, BAHASA, MORAL DAN SPIRITUAL ANAK

A. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN INTELEKTUAL

Intelegensi atau intelek berarti pikir, sedangkan intelektual bias diartikan sebagai kemampuan kecerdasan. Perbuatan menimbang-nimbang, menguraikan, menghubungkan sampai mengambil keputusan merupakan pengertian dari berpikir. Kecerdasan merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah secara cepat.

Anak usia Sekolah Dasar mulai memperhatikan keadaan sekelilingnya secara objektif, mulai ingin mengetahui segala sesuatu, berusaha menambah pengetahuan, kemampuan dan pengalamannya.Mereka senang dengan kegiatan yang menantang, beraktifitas dan banyak gerak.

Menurut Piaget, anak usia Sekolah Dasar termasuk pada perkembangan operasi konkret. Mereka mampu berpikir secara logis dan kuantitatif, mampu berperilaku objektif dalam mengkaji kejadian. Kemampuan ini terwujud dalam kemampuan mengklasifikasi objek sesuai dengan klasifikasinya, tata urutannya, kemampuan untuk memahami cara pandang orang lain dan kemampuan berfikir deduktif. Mereka mampu untuk memusatkan perhatian pada beberapa atribut dari sebuah benda atau kejadian secara bersama dan mengerti hubungan antar dimensi.

Percobaan konsevasi Piaget terdiri dari :

1. Desentrasi dan konservasi, hasilnya anak mempunyai konsep bahwa perubahan pada satu dimensi, dapat dikompensasikan dengan peruban pada dimensi lain.
2. Seriasi, hasilnya anak dapat mengurutkan benda dari yang terbesar sampai terkecil dan sebaliknya.
3. Pemikiran rasional, hasilnya anak dapat menyebutkan karakteristik teman-temannya (tinggi, pendek, gemuk, kurus)
4. Inklusi kelas, hasilnya anak dapat menggambarkan prinsip logis bahwa terdapat hubungan hierarki antar golongan dan dapat mengerti bahwa sifat khusus dari benda dapat termasuk lebih ari satu golongan yang mempunyai hubungan pada suatu saat yang disebut dengan prinsip penggandaan.

B. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Untuk bergaul dan berkomunikasi, manusia menggunakan bahasa, baik dalam bentuk tulisan, percakapan, bahasa isyarat maupun ekspresi wajah.

Untuk berkomunikasi secara efektif prlu memperhatikan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Nilai-nilai tersebut harus diberikan sedini mungkinagar tertanam hal-hal mana yang baik dan buruk, yang boleh atau tidak boleh dilakukan, bagaimana bersilap dan bertutur kata yang baik terhadap orang lain. Pembelajaran nilai-nilai tersebut harus dengan contoh yang konkret agar mudah difahami anak.

1. Perkembangan Bahasa

Bentuk komunikasi manusia merupakan yang paling sempurna daripada binatang, karena manusia dapat melakukannya melalui berbagai sarana dan prasarana yang ada. Tiap individu dituntut untuk memiliki kemampuan menyatakan atau mengekspresikan pikirannya dan menangkap pemikiran orang lain melalui bahasa, sehingga komunikasi menjadi efektif. Anak-anak lebih dapat mengerti aa yang dikatakan orang lain daripada mengutarakan pikiran dan perasaan mereka dengan kata-kata.

Semakin matang organ-organ yang berkaitan dengan proses berbicara seperti alat bicara dan pertumbuhan/perkembangan otak, anak semakin jelas dalam mengutarakan kemauan, pikiran maupun perasaannya melalui ucapan atau bahasa. Hal itu tidak lepas ari pengaruh lingkungan, terutama orang tua atau keluarga. Anak yang selalu mendapat motivasi positif akan terpacu untuk mengembangkan potensi bicaranya.

2. Fungsi Bicara

Fungsi bahasa manusia antara lain :
a. Untuk mengekspresikan perasaan, merupakan kalimat spontan yang terucap tanpa ada tujuan apapun dan kepada siapapun.
b. Untuk mempengaruhi orang lain, merupakan kalimat batau isyarat yang dapat menyebabkan orang lain terpengaruh.
c. Untuk menyampaikan informasi, merupakan kalimat untuk menyampaikan informasi atau pemberitahuan kepada oran lain.

3. Tahap-tahap Bicara

Sebelum dapat berbicara lancar, ada tahapan yang biasa dilalui seseorang, antara lain :

Menangis, merupakan cara yang biasa dilakukan oleh bayi untuk berkomunikasi dan melakukan hubungan sosial dengan lingkungannya.

Berceloteh, dilakukan oleh anak sebelum usia 2 tahun.

Holofrase, dilakukan oleh anak setelah usia 2 tahun sampai menjelang sekolah.

Mengobrol, disebut juga social speech merupakan bentuk berbicara yang mempunyai makna social, bertujuan agar pembicaraannya didengar dan dimengerti oleh orang lain.

4. Faktor-faktor yang Memeacu Anak Cepat Berbicara

a. Keluarga
b. Media Elektronik
c. Sekolah

C. PERKEMBANGAN MORAL

Tingkah laku yang bermoral merupakan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai tata cara/adat yang terdapat dalam kelompok atau masyarakat. Nilai-nilai moral tersebut tidak sama tergantung dari faktor kebudayaan setempat. Nilai moral merupakan sesuatu yang bukan diperoleh dari lahir melainkan dari luar.

1. Perkembangan Moral Menurut Beberapa Pakar

Usia Sekolah Dasar merupakan tahun-tahun imajinasi atau keajaiban bagi anak.Berikut ini pendapat para ahli tentang perkembangan moral.

a. Menurut Piaget

Anak usia 5 tahun masih menilai benar dan salah secara kaku, disebut tahap moralitas heteronomous (heteronomous morality). Pada usia sekitar 11 tahun, proses berpikirnya sudah mulai berkembang sehingga penilaian benar dan salah menjadi relatif.

b. Menurut Kohlberg

Tingkat pertama, anak mengikuti semua peraturan yang telah ditentukan dengan harapan dapat mengambil hati orang lain dan dapat diterima dalam kelompok (moralitas anak baik)..

Tahap kedua, anak menyesuaikan diri pada aturan-aturan yang ada dalam kelompok dan disepakati bersama oleh kelompok tersebut (moralitas konvensional atau moralitas dari aturan-aturan).

2. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Moral

Antara lain :
a. Lingkungan rumah
b. Lingkungan sekolah
c. Teman sebaya dan aktivitas
d. Intelegensi dan jenis kelamin

D. PERKEMBANGAN AGAMA

Menurut Zakiah Darajat (dalam Martini Jumaris), agama sebagai dari iman, pikiran yang diserapkan oleh pikiran, perasaan, dilaksanakan dalam tindakan, perbuatan, perkataan dan sikap. Agama merupakan pengarah dan penentu sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Awalnya anak-anak mempelajari agama berdasarkan contoh baik di rumah maupun di sekolah. Bambang Waluyo menyebutkan dalam artikelnya bahwa pendidikan agama di sekolah meliputi dua aspek, yaitu : 1. Aspek pembentukan kepribadian (yang ditujukan kepada jiwa), 2. Pengajaran agama (ditujukan kepada pikiran)

Metode yang digunakan dalam pembelajaran harus berkaitan erat dengan dimensi perkembangan motorik, bahasa, social, emosional maupun intelegensi siswa. Untuk kelas rendah dapat menggunakan metode bercerita, bermain, karyawisata, demonstrasi atau pemberian tugas. Untuk kelas tinggi dapat menggunakan metode ceramah, bercerita, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas atau metode lainnya yang sesuai dengan perkembangan siswa.

Beberapa metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran di SD, antara lain:
a. Metode Bercerita
b. Metode Bermain
c. Metode Karyawisata
d. Metode Demonstrasi
e. Metode Pemberian Tugas
f. Metode Diskusi dan Tanya Jawab.

Dinamika Budaya Indonesia

KONSEP DASAR ANTROPOLOGI

DINAMIKA BUDAYA INDONESIA

A. DEFINISI KEBUDAYAAN

Dilihat dari asal usul katanya, kebudayaan berasal dari bahasa sanskekerta, yaitu budhayyah yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti “budhi atau akal”. Dalam bahasa latin atau yunani kebudayaan berasal dari kata “colere” yang berarti mengolah, mengerjakan, terutama mengolah tanah. Dari arti ini berkembang arti culture sebagai segala daya dan usaha manusia untuk merubah alam.

Menurut A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn, kebudayaan dapat diklasifikasikan kedalam beberapa tipe definisi, yaitu kebudayaan sebagai tingkah laku yang dipelajari sampai ke tradisi-tradisi, alat-alat untuk memecahkan masalah, produk/artefak. Ide-ide symbol.

Ahli antropologi E.B.tylor (1874) dalam bukunya “primitive culture” menulis kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adapt istiadat dan kemampuan yang lain serta kebiasaan yang di dapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Menurut R. Clinton dalam bukunya “the culture background of personality” (1974), kebudayaan ialah konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dan hasil tingkah laku yang unsure pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu. Koentjaraningrat (1990:180), kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia.

Menurut Suhandi (1994:6) kebudayaan memiliki cirri-ciri umum, yaitu :
1. Kebudayaan dipelajari
2. Kebudayaan diwariskan atau diteruskan
3. Kebudayaan hidup di dalam masyarakat
4. Kebudayaandikembangkan dan berubah
5. Kebudayaan itu terintegrasi

Sifat dari hakikat kebudayaan menurut Williams dalam Sukanto (1986:16, sebagai berikut ;
1. Kebudayaan terwujud dan tersalurkan dalam kebudayaan manusia.
2. Kebudayaan telah ada terlebih dahulu daripada lahirnya suatu generasi tertentu, dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan.
3. Kebudayaan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunya.
4. Kebudayaan berisikan aturan-aturan yang berisikan kewajiban-kewajiban, tindakan-tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan-tindakan yang dilarang dan tindakan-tindakan yang diizinkan.

Koentjaraningrat membagi wujud kebudayaan menjadi :
1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan
2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitasserta tindakan dari kelompok manusia.
3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

B. UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

Menurut Kluckhon, terdapat tujuh unsur :
1. Bahasa
Bahasa berguna untuk interaksi sosial. Bahasa dapat dibedakan atas :
a. Bahasa isyarat
b. Bahasa lisan
c. Bahasa tulisan

2. Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan merupakan satu unsur kebudayaan universal yang dapat ditemukan dalam semua kebudayaan dari semua bangsa di dunia.

3. Organisasi Sosial
Dalam tiap masyarakat, kehidupan masyarakat diorganisasi atau diatur oleh adapt istiadat dan aturan aturan mengenai berbagai kesatuandi dalam lingkungan mana ia hidup dan bergaul. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat sebagai suatu kesatuan. Keluarga ini hasil dari perkawinan antar individu. Ada 2 macam aturan perkawinan, yaitu:

Endogami ialah kebiasaan masyarakat yang mengharuskan anggotanya kawin dengan orang yang masih kerabatnya atau kelompoknya atau kampungnya sendiri.

Eksogami ialah kebiasaan masyarakat yang mengharuskan anggotanya kawin dengan orang yang berasal dari luar kerabatnya atau luar kampungnya atau luar kelompoknya.

3. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi
Sistem peralatan hidup ialah segala alat-alat yang digunakan manusia dalam kegiatan sehari-hari dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Teknologi menurut Iskandar Alisyahbana (1980:1) : “Teknologi ialah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia”.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Berdasarkan tingkat teknologi yang dipergunakan, sistem ekonomi dapat dibagi atas :
a. Masyarakat pemburu dan peramu Food Gathering Economecs)
b. Pertanian berpindah-pindah atau berladang (primitive farming)
c. Pertanian intensif (intensive farming)
d. Industri (manufacturing)

Pendistribusian hasil produksi dibagi menjadi :
i. Barter atau tukar menukar barang terdapat pada masyarakat pemburu dan peramu.
ii. Redistribusi : barang-barang produksi dikumpulkan oleh seseorang atau sekelompok orang berwenang, kemudian dibagikan lagi. Terdapat pada masyarakat primitive dan masyarakat modern.
iii. Sistem pasar, yaitu proses menjual dan membeli barang di suatu tempat dengan mempergunakan alat tukar uang. Sistem ini diduga mulai timbul pada masyarakat bertani menetap.

6. Sistem Religi
Pada hakikatnya sistem ini sangat kompleks dan berkembang di berbagai tempat di dunia. Unsur pokok religi pada umumnya ialah :
a. Emosi keagamaan atau getaran jiwa yang menyebabkan manusia menjalankan kelakuan religi.
b. Sistem kepercayaan atau bayangan-bayangan manusia tentang bentuk dunia, alam gaib, hidup, mati, surga dan neraka.
c. Sistem upacara keagamaan yang bertujuan mencari hubungan dengan dunia gaib berdasarkan atas sistem kepercayaan tersebut.
d. Kelompok keagamaan atau kesatuan-kesatuan sosial yang mengkonsepsikan dan mengaktifkan religi beserta sistem upacara-upacara keagamaan.

Agama berasal dari bahasa sanksekerta yang artinya tidak kacau balau. Agama menjadi identitas bagi setiap individu; memberi doronganspiritual bagi individu untuk beerperilaku di masyarakat; menjadi arah atau petunjuk tentang makna hidup.

7. Kesenian
Kesenian merupakan unsur kebudayaan universal yang sudah pasti akan didapatkan pada semua kebudayaan semua bangsa yang ada di dunia, baik bangsa yang hidupnya terpencil maupun bangsa yang sudah maju.

C. PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN

Perubahan kebudayaan dapat disebabkan oleh faktor daro dalam (internal) atau faktor dari luar (eksternal) masyarakat itu. Faktor yang berasal dari dalam yaitu :
a. Adanya kejenuhan atau ketidakpuasan individu terhadap sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat.
b. Adanya individu yang menyimpang dari sistem yang berlaku, apabila penyimpangan ini dibiarkan maka akan diikuti oleh individu-individu lainnya sehingga terjadi perubahan.
c. Adanya penemuan-penemuan baru (inovasi) yang diterima oleh masyarakat dan membawa perubahan kebudayaan.
d. Adanya perubahan dalam jumlah dan komposisi penduduk.

Faktor yang berasal dari luar masyarakat diantaranya :
a. Bencana alam; gunung meletus; banjir.
b. Peperangan
c. Kontak dengan masyarakat lain yang berbeda budayanya.

D KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA

Asimilasi ialah proses sosial yang timbuljika ada golongan-golongan manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda saling bergaul langsung secara intensif untuk jangka waktu yang lama sehingga kebudayaan tadi masing-masing berubah sifat khasnya dan juga unsur-unsurnya berubah menjadi unsur-unsur kebucayaan campuran.

Golongan yang tersangkut dalam suatu proses asimilasi ialah suatu golongan mayoritas dan beberapa golongan minoritas. Golongan minoritas itulah yang mengubah sifat khas dari unsur-unsur kebudayaannya dan menyesuaikannya dengan kebudayaan dari golongan mayoritas sedemikian rupa sehingga lambat laun kehilangan kepribadian kebudayaannya, dan masuk kedalam kebudayaan mayoritas.

Peran Dan Status Individu Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Kedudukan status dan peranan tentang sistim statifikasi sosial termasuk unsure-unsur dalam teori sosiologi. Raplinton, kedudukan dan peranan, kecuali merupakan unsure-unsur baku dalam sistim statifikasi sosial juga mempunyai arti penting bagi sistim sosial masyarakat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa sistim sosial adalah pola-pola yang mengatur hubungan tiombal balik antar individu dengan masyarakatnya.

A. KEDUDUKAN (STATUS)

Soejono soekanto, kedudukan diartikan sebagai tempat atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial, sehubungan dengan kelompok-kelompok di dalam kelompok yang lebih besar. Menurut kamus sosiologi status diartikan sebagai :
1. Pososi dalam suatu hierarki
2. Suatu wadah hak dan kewajiban
3. Aspek statis dari peranan
4. Prestise yang dikaitkan dengan suatu posisi
5. Jumlah peranan ideal dari seseorang.

Status dalam arti objektif dilihat sebagai suatu tatanan hak dan kewajiban secara hierarkis dalam struktur formal organisasi. Ditinjau dari aspeknya maka status objetif ini agak stabil.

Dari segi subjektif status yang dimiliki seseorang merupakan hasil penilaian orang lain terhadap diri seseorang dengan siapa dia berhubungan. Jadi status seseorang akan berubah jika penilaian yang dilakukan penilaian terhadap orang tersebut juga berubah menurut situasi, kondisi, tempat dan waktu.

Menurut Talcott Parson dari segi subjektif penilaian status menjadi lima criteria, yaitu :
1. Kelahiran
2. Mutu pribadi
3. Prestasi
4. Pemilikan
5. Otoritas

Pada kenyataannya kelima sumber status diatas tidak selalu konsisten untuk penilaian seseorang dan peranan yang dimiliki orang dalam masyarakatnya ditentukan situasi kelompok, seperti contoh ibu Ani situasi dirumah dan disekolah yang membedakan perannya..

Pendapat F. Jnaniecki bahwa situasi dapat ditinjau dari dua segi, yaitu segi subjektif maupun segi objektif.

Subjektif → Penilaian pribadi, sesuai interpretasi dan konsep pribadi

Situasi

Objektif → Penilaian oleh masyarakat yang ditentukan oleh kebudayaannya

Di masyarakat dikenal tiga macam kedudukan, yaitu :
a. Ascribed-Status yaitu kedudukan seseorang dalam masyarakat tanpa memperhatikan perbedaan rohaniah dan kemampuan

b. Archieved- Status adalah kedudukan yang dicapai seseorang dengan usaha-usaha yang disengaja. Kedudukan ini bersikap terbuka bagi individu dalam mengejar serta mencapai tujuannya.

c. Asssigned-Status merupakan kedudukan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa.

Dalam kehidupan sehari-hari untuk menentukan kedudukan seseorang dapat dilihat dari cirri-ciri yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan dalam sosiologi dinamakan sebagai status-simbol antara lain :
1. Cara berpakaian
2. Paergaulan
3. Cara-cara mengisi waktu senggang
4. Memilih tempat tinggal

B PERANAN (ROLE)

Ada 3 aspek dari peran yakni peran menyalurkan tindakan seseorang ; ada hubungan antara nilai-nilai dan peran dan ketiga menunjukkan bahwa pelaksanaan peran dipelajari dan dalam beberapa hal menjadi bagian dari kepribadian.

Proses belajar memainkan suatu peran dimulai sejak awal sekali. Pengambilan peran merupakan salah satu proses penting dalam pembentukan kepribadian dewasa.

C. TUJUAN PERAN

Empat katagori utama dari tujuan yang digeneralisasikan sebagai atau seluruhnya disediakan oleh peran yang diharapkan dimainkan orang dan berfungsi sebagai penarik orang kepada peran ini.
1. Tujuan instrumental adalah dengan memainkan suatu peran untuk mencapai tujuan lain.
2. Penghargaan. Penghargaan ini dimaksudkan dengan suatu perasaan dihormati , «terpandang », dinilai oleh orang lain sebagai yang penting.
3. Rasa aman. Tujuan yang digeneralisasikan ketiga adalah rasa aman secara ekonomi, sosial dan psikologis.
4. Respon ialah kesempatan yang diberikan peran-peran tertentu untuk membentuk hubungan sosial yang memuaskan, menyenangkan dari orang-orang yang penting baginya.

Setiap pekerjaan mempunyai penghargaan yang tidak sama dalam masyarakat. Penghargaan terhadap pekerjaan menpunyai hubungan dengan keberadaan kelas-kelas sosial yang terdapat dalam masyarakat.

Konsep Dasar Ekonomi

PERMASALAHAN EKONOMI

Setiap manusia akan berusaha mencukupi semua kebutuhannya dan cenderung meningkatkan taraf hidup agar lebih baik, karena manusia menurut kodratnya selalu tidak puas terhadap keberadaannya.

A. PENGERTIAN EKONOMI

Ilmu ekonomi menurut etimologi berarti aturan rumahtangga atau ilmu yang mengatur rumah tangga, yang berasal dari bahasa Yunani oikonomia Namun menurut pengertian sehari-hari ekonomi bias juga diartikan sebagai kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ilmu ekonomi mempelajari kegiatan manusia dalam hubungannya dengan masyarakat tersebut dalam memenuhi kebutuhannya sesuai dengan definisi atau batasan ilmu ekonomi yang sering digunakan, yaitu: “Ilmu Pengetahuan Sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakatdalam ragka memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran”. Kemakmuran dikatakan dapat dicapai ketika sebagian besar kebutuhan telah terpenuhi.

B. KELANGKAAN/KETERBATASAN

Kebutuhan manusia bermacam macam dan akan selalu bertambah, karena manusia selalu merasa tidak pernah cukup dengan apa yang telah dia peroleh. Namun, alat pemuas kebutuhan manusia yang berupa barang dan jasa jumlahnya sangat terbatas. Dari kenyataan itulah yang mendorong munculnya ilmu ekonomi.

C. KEBUTUHAN MANUSIA
1. Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia sangat banyak ragamnya dan tidak terbatas jumlahnya dan akan terus bertambah seuai dengan peradaban atau kebudayaan. Keanekaragaman kebutuhan manusia itu disebabkan oleh faktor usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan. Sehingga perbedaan tingkat kebutuhan dapat disebabkan oleh :
a. Status Sosial
b. Tingkat Pendidikan
c. Kemajuan Kebudayaan
Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan manusia merupakan segala sesuatu keinginan yang dirasa perlu untuk dipenuhi manusia, dan tindakan ekonomi merupakan tindakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan jalan bekerja.

2. Macam-macam Kebutuhan
Kebutuhan ialah keinginan yang timbul dalam diri manusia dan masyarakat dalam bentuk tuntutan untuk memperoleh pemenuhannya, sedangkan kebutuhan ekonomi ialah kebutuhan akan barang-barang kebutuhan hidup yang dapat dinilai dengan uang (harga).

Sifat-sifat kebutuhan ekonomi antara lain :
a. Kebutuhan setiap orang berbeda tergantung kepada golongan, suku, agama atau kelompok masyarakat
b. Tidak sama sepanjang waktu dan generasi akan berbeda
c. Jumlah dan mutunya akan selalu berkembang
d. Kebutuhan akan saling melengkapi atau bahkan saling berlawanan

Menurut kepentingannya, kebutuhan dapat dibedakan atas:
a. Kebutuhan Primer atau kebutuhan utama
b. Kebutuhan Sekunder atau kebutuhan tambahan
c. Kebutuhan Tersier atau kebutuhan mewah

Saat ini sulit untuk menegaskan mana saja barang mewah dan mana yang tidak, karena ukurannya relatif tergantung tingkat kekayaan seseorang.

Menurut tujuan pemakaiannya, barang ekonomi dapat dikelompokkan menjadi :
a. Barang Konsumsi ialah barang barang yang dapat memenuhi kebutuhan secara langsung misalnya makanan, minuman, pakaian, sepatu dll.

b. Barang produksi ialah alat pembantu dalam proses produksi misalnya mobil, listrik, mesin-mesin dll

Menurut sifat pemakaiannya dapat dibedakan menjadi :
a. Barang Substitusi yaitu barang yang dapat saling menggantikan pemakaiannya, misalnya mentega dengan minyak.
b. Barang Komplementer yaitu barang yang pemakaiannya harus bersama-sama, misalnya mobil dengan bensin.

Menurut Sifatnya dapat digolongkan menjadi :
a. Barang Konkret (barang yang dapat dilihat)
b. Barang Abstrak (jasa atau pelayanan). Bersifat habis saat dihasilkan.

Barang dan jasa berbeda dan memiliki dua perbedaan pokok yaitu :
· Barang berwujud, sedangkan jasa tidak
· Barang mempunyai tenggang waktu antara produksi dengan konsumsi, jasa terjadi secara bersamaan antara produksi dan konsumsi.

Kebutuhan manusia menurut sifatnya terbagi menjadi :
a. Kebutuhan Jasmani atau kebutuhan lahir yang pemenuhannya ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada badan atau jasmani dan bersifat materi seperti makanan, pakaian, kendaraan dll.
b. Kebutuhan Rohani atau kebutuhan batin yang pemenuhannya untuk kepuasan batiniah yang bersifat material seperti pendidikan, agama dll.

D. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA
1. Pengertian

Alat pemuas kebutuhan manusia ada yang berbentuk dan tidak, ada yang telah disediakan alam dan ada pula yang harus dicari atau dibeli, ada yang sekali pakai ada pula yang dapat dipakai berulang-ulang. Pemuas tersebut adalah barang dan jasa.

2. Nilai Ekonomi dan Nilai Kegunaan Barang
Nilai ekonomi atau nilai kegunaan barang didasarkan pada :
a. Kegunaan bentuk
b. Kegunaan tempat
c. Kegunaan waktu
d. Kegunaan pemilikan
e. Kegunaan mutu
f. Kegunaan unsur

3. Kegiatan Ekonomi
Merupakan segala sesuatu kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

4. Tindakan Ekonomi
Tindakan ekonomi merupakan setiap perbuatan manusia untuk memenuhi semua kebutuhannya dengan alat pemenuh kebutuhan yang terbatas, misalnya dengan membuat rencanapengeluaran yang disesuaikan dengan pendapatan.

5. Perbuatan Pilihan (alternatif)
Perbuatan pilihan dilakukan agar dengan penghasilan yang terbatas, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara menetapkan pilihan sesuai kebutuhan yang paling utama.

6. Motif Ekonomi
Motif ekonomi ialah tingkah laku manusia selalu didorong keinginan untuk memperoleh sesuatu keinginan atau alasan yang mendorong manusia untuk melakukan suatu perbuatan ekonomi. Dapat digolongkan menjadi :

Motif memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran
Motif memperoleh kekuasaan
Motif memperoleh penghargaan
Motif kemanusiaan/social

7. Prinsip Ekonomi
Pada prinsip ekonomi berlaku kaedah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesat-besarnya. Prinsip ini dikenal pula dengan istilah efisiensi dan efektivitas dan dapat diterapkan dalam setiap kegiatan, baik itu produksi, distribusi maupun konsumsi.

8. Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi dapat terlaksana apabila didukung Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang memadai. Kedua sumber daya ini perlu dikelola untuk menghasilkan produksi yang maksimal.

9. Faktor-faktor Produksi
Faktor produksi dapat dibagi menjadi factor produksi alam, tenaga kerja, modal dan keahlian. Faktor produksi alam dan tenaga kerja disebut factor produksi asli, sedangkan modal dan keahlian disebut factor produksi turunan.

E. FAKTOR PRODUKSI KEWIRAUSAHAAN

Disebut juga entrepreneurship yaitu kemampuan seseorang atau beberapa orang yang menghimpun semua faktor produksi guna menghasilkan barang tertentu. Dapat pula disebut sebagai pengusaha, dan merupakan factor produksi yang paling menentukan dalam suatu kegiatan produksi.

Dalam factor produksi ini perlu adanya 3 macam kemampuan atau keahlian (skill), yaitu keahlian mengatur, keahlian bidang teknis ekonomis dan keahlian mengorganisasi.


BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

Perusahaan atau badan usaha merupakan suatu organisasi yang di dalamnya diselenggarakan kerja sama antara faktor produksi untuk menghasilkan barang tau jasa sehingga dapat melayani kepentingan umum sekaligus laba atau keuntungan untuk kelangsungan usaha.

Batasan secara resmi terdapat dalam Pasal 1 huruf (b) Undang-undang No. 3 tentang Wajib Daftar Perusahaan (UWDP) yang menyatakan setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus dan didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah Negara Indonesia dan bertujuan memperoleh keuntungan atau laba.

A. JENIS PERUSAHAAN MENURUT LAPANGAN USAHANYA

Terdiri dari :
1. Perusahaan ekstraktif yaitu perusahaan yang mengambil hasill alam. Misalnya : pertambangan, perikanan laut.
2. Perusahaan agraris yaitu perusahaan yang memanfaatkan kesuburan tanah. Misalnya: perkebunan, pertanian.
3. Perusahaan industri yaitu perusahaaan yang menolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi.
4. Perusahaan perdagangan yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang jual beli
5. Perusahaan jasa yaitu yang bergerak di bidang pelayanan terhadap konsumen dengan harapan imbalan jasa.

B. PERUSAHAAN MENURUT TANGGUNG JAWAB PEMILIKNYA
Dapat dibedakan menjadi :
1. Perusahaaan Perseorangan (Po) yaitu perusahaan yang didirikan, dimiliki dipimpin dan dipertanggungjawabkan oleh perseorangan

2. Firma atau Kongsi yaitu persekutuan yang terdiri dari dua orang atau lebih yang menjalankan perusahaan dengan nama bersama, setiap anggota firma ikut aktif menjalankan perusahaan dan ikut bertanggung jawab terhadap semua utang piutang perusahaan.

3. Persekutuan Komanditer (CV) yaitu firma yang mempunyai sekutu dan hanya menyertakan modal saja sehingga disebut juga sekutu pasif.

4. Perseroan Terbatas (PT) yaitu suatu badan hokum yang memiliki kekayaan, hak serta kewajiban sendiri, terpisah dari yang mendirikan atau yang memiliki. PT terbagi menjadi :
a. PT terbuka yaitu PT yang bebas memperjual belikan sahamnya di bursa efek
b. PT tertutup yaitu PT yang sahamnya hanya dimiliki oleh pihak-pihak tertentu saja dan tidak setiap orang dapat memiliki
c. PT kosong yaitu PT yang tidak ada aktifitasnya, namun belum dibubarkan
d. PT perseorangan yaitu PT yang seluruh sahamnya dimiliki oleh perseorangan

PT harus memiliki alat perlengkapan yang memiliki wewenang, yaitu :
i. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang memiliki kekuasaan tertinggi
ii. Pengurus atau Direksi yang diberi kekuasaan oleh RUPS untuk menjalankan perusahaan
iii. Dewan Komisaris yang bertugas mengawasi jalannya perusahaan dan diangkat atau diberhentikan oleh RUPS

5. Perusahaan Negara yaitu perusahaan dalam bentuk apapun dan dalam bidang apapun yang sebagian besar modal atau seluruhnya merupakan kekayaan Negara.

6. Koperasi yaitu badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hokum kooperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonimi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan ( UU RI No. 25 Tahun 1992 yentang perkoperasian, pasal 1 ayat (1)). Permodalannya berasal dari modal sendiri ( simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela dana cadangan dan hibah) serta modal pinjaman. Untuk jenisnya dapat dibagi menjadi Koperasi Produksi, Koperasi Konsumsi dan Koperasi Jasa.

Senin, 02 November 2009

Hakikat Evaluasi Program Dan Evaluasi Program Pembelajaran

Evaluasi program ialah pendekatan formal yang digunakan untuk menilai kebijakan, pekerjaan atau satu program tertentu. Misalkan kebijakan pemerintah mengganti bahan bakar minyak dengan gas, program wajib belajar. Penilaian difokuskan pada berbagai aspek program, sesuai dengan pendekatan yang digunakan. Aspek-aspek tersebut misalnya contexts, input, proses dan product hasil penilaian pada umumnya digunakan untuk mengambil keputusan. Apakah kebijakan atau program tertentu perlu diteruskan, direvisi atau dihentikan.

Evaluasi program pembelajaran adalah pendekatan formal yang digunakan untuk menilai program pembelajaran. Bedanya, disamping penilaian secara formal yang dilakukan oleh satu tim. Evaluasi program pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara berkelanjutan yang hasilnya langsung digunakan untuk melakukan perbaikan.

Evaluasi program pembelajaran bertujuan menemukan kekuatan dan kelemahan berbagai komponen pembelajaran. Hasil yang diperoleh segera ditindak lanjuti sehingga kelemahan pembelajaran dapat diperbaiki dan kekuatan dapat dipertahankan.

Kerugian yang terjadi jika evaluasi program pembelajaran tidak pernah dilakukan adalah:
  • Guru dan sekolah tidak pernah tahu kualitas program pembelajaran yang ditawarkan kepada masyarakat.
  • Budaya untuk melakukan perbaikan secara sistematis tidak pernah terjadi karena tidak pernah tersedia informasi yang dapat dijadikan dasar untuk perbaikan.
  • Para guru tidak tertantang untuk mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan, mereka hanya bekerja secara rutinitas.
  • Para siswa akan belajar secara rutin karena tidak pernah ada upaya perbaikan sistematis yang dilakukan.
Di tingkat sekolah, evaluasi program pembelajaran secara keseluruhan (yang dilaksanakan oleh semua guru, barangkali dengan melibatkan satu tim penilai) dapat dilakukan secar periodik, misalnya setiap akhir semester. (Undang-undang No. 20/2003 tentang Sitem Pendidikan nasional Pasal 56). Hasil evaluasi program yang dilakukan oleh sekolah ini dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan dalam bidang, termasuk dalam pembelajaran. Evaluasi program yang dilakukan guru harus diawali dengan keinginan untuk mengkaji ulang apa yang terjadi selama pembelajaran. Guru mengingat berbagai peristiwa yang terjadi, mempertanyakan mengapa itu yang terjadi, dan apa dampak peristiwa tersebut bagi kelas. Kesediaan untuk menjawab pertanyaan sendiri secara jujur, mempertanyakan jawaban dan mempertanyakan pertanyaan, merupakan kepedulian sari orang-orang yang terdidik.

Keterpaduan Keterampilan Membaca Dengan Fokus Menyimak

Membaca dan menyimak memiliki kesamaan yaitu bersifat reseptif (menerima). Ketika kita membaca, kita berusaha menangkap pesan atau informasi yang disampaikan oleh penulis.

Kemampuan menyimak merupakan salah satu faktor pendukung bagi keberhasilan seseorang dalam belajar membaca secara efektif. Hasil dari penelitian dari beberapa pakar tetntang hubungan antara menyimak dengan membaca seperti yang dituliskan Dawsaon dalam Tarigan (1986:5) adalah sebagai berikut :
  1. Penguasaan kosakata yang sedikit yang diperoleh melalui menyimak erat kaitannya dengan kesukaran-kesukaran yang dihadapi seseorang dalam membaca.
  2. Daya simak yang buruk sangat mempengaruhi kemampuan membaca seseorang.
  3. Peningkatan yerhadap kemampuan menyimak menimbulkan peningkatan terhadap kemampuan menulis, membaca dan berbicara.
Pakar lain mengatakan sebagai berikut :
  1. Menyimak maupun membaca menuntut adanya kesiapan kecakapan seperti kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide dan minat terhadap bahasa.
  2. Pada umumnya maksud dantujuan menyimak serta membaca bersifat fungsional dan apresiatif.
  3. Baik dalam menyimak maupun membaca, kata bukanlah kesatuan pemahaman, tetapi mempengaruhi pemahaman terhadap frase, kalimat dan paragraph.
  4. Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi-situasi individual dan sosial.

KETERPADUAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN FOKUS MENYIMAK

Secara umum, kegiatan berbicara dan menyimak dilakukan secara tatap muka. Namun sekarang ini seiring dengan kemajuan teknologi, berbicara dan menyimak dapat dilakukan tanpa tatap muka seperti melalui telepon. Penyimak juga dapat melakukan kegiatan menyimak tanpa menghadirkan pembicara, seperti mendengarkan hasil rekaman audio.

Menyimak dan berbicara berada dalam ragam bahasa lisan, sehingga memiliki hubungan yang sangat erat. Hal tersebut dapat dilihat sebagai berikut :
  • Suatu ujaran dapat dipelajari melalui menyimak dan meniru.
  • Seseorang akan lebih mudah mengulang cerita yang disimaknya dibandingkan dengan cerita yang dibacanya.
  • Seorang pembicara yang ucapan atau lafal ujarannya tidak jelas akan mempengaruhi hasil yang diperoleh penyimak. 
Berbicara ialah sebuah keterampilan menyampaikan gagasan, informasi atau pesan kepada orang lain dengan menggunakan media yang berupa symbol-simbol fonetis atau media berupa bahasa lisan. Seorang pembicara yang baik selalu berusaha agar penyimak dapat dengan mudah menangkap gagasan atau pesan yang disampaikannya. Seorang pembicara yang baik akan berusaha melengkapi keterampilan berbicara yang dimilikinya dengan gestur atau gerak-gerak isyarat untuk membantu penyimak dalam memahami pembicaraannya

PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN YANG DI SD

A. PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Pembelajaran kontekstual adalah salah satu strategi pembelajaran yang berhubungan dengan :
  1. Fenomena sosial masyarakat, bahasa dan lingkungan hidup, harapan dan cita yang tumbuh
  2. Fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan murid
  3. Kelas sebagai fenomena sosial
Kontekstualitas yang dimaksud diatas merupakan fenomena yang bersifat alamiah, tumbuh dan terus berkembang, serta beragam karena berkaitan dengan fenomena kehidupan sosial masyarakat.

Pembelajaran kontekstual (kontekstual teaching and learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengartikan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni : konstruktivisme (contruktrivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling) dan penilaian sebenarnya (authentic assesment).

Pembelajaran ini berdasarkan penelitian John Dewey ( Uustoharudin, 2005). Menyimpulkan bahwa siswa akan belajar dengan baik jika apa yang dipelajari terkait dengan apa yang telah diketahui dan dengan kegiatan yang akan terjadi di sekelilingnya.

B. PAKEM

Pakem dalam perspektif guru adalah guru aktif memantau kegiatan belajar siswa, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menantang dan mempertanyakan gagasan siswa. Kreatif mengembangkan kegiatan yang beragam dan membuat alat Bantu belajar secara sederhana, efektif sehingga pembelajaran mancapai tujuan dan menyenangkan sehingga anak tidak takut salah, ditertawakan dan disepelekan. Sementara itu pakem dalam perspektif siswa adalah siswa aktif bertanya, mengemukakan gagasan

FORUM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU

A. PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU

Peningkatan profesionalitas secara berkelanjutan merupakan salah satu rumpun kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru. Salah satu diantaranya ialah mampu memperbaiki melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran akhir dari peningkatan profesionalitas ialah meningkatnya kualitas kinerja guru.

Kegiatan untuk meningkatkan profesionalitas guru :
  1. Melalui refleksi pada setiap akhir pembelajaran atau kegiatan melijat ulang apa yang sudah terjadi sehingga dapat dijadikan acuan.
  2. Berkolaborai dengan teman sejawat yang dilakukan sejak awal ketika mengidentifikasi adanya masalah melalui refleksi sampai dengan menulis laporan.
  3. Menomunikasikan hasil-hasil PTK melalui media.
  4. Mengikuti perkembangan dunia pendidikan.
  5. Mengikuti kegiatan ilmiah.
  6. Berperan serta dalam berbagai kegiatan pendidikan.
  7. Mengikuti perkembangan ilmu.  Mengikuti kegiatan guru.
B. BERBAGAI WADAH PENINGKATAN PROFESIONALITAAS GURU

1. kelompok Kerja Guru (KKG)

Diantara kegiatan KKG :
  • Berbagi pengalaman tentang pembelajaran guru yang sudah berhasil maupun masalah-masalah yang belum terpecahkan.
  • Berbagi informasi model-model pembelajaran terbaru.
  • Penelitian mengenai kinerja guru (metodik khusus).
2. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)

Diantara kegiatan LPMP yang berkaitan dengan profesionalitas guru :
  • Pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran, seperti penyusunan KTSP.
  • Penataran atau pelatihan bagi para guru.
  • Kegiatan sosialisasi kebijakan yang terkait dengan guru.
3. Klinik Pembelajaran (KP)

KP merupakan wadah peningkatan pembelajaran profesionalitas guru dan calon guru melalui berbagai informasi.

4. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)

LPTK merupakan wadah pendidikan formal yang menyediakan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kualifikasi.

5. Persatuan Guru Republik Indoneia (PGRI)

PGRI didirikan 25 November 1945 sebagai organisasi profesi yang bersifat unitaristik dan non politik praktis. PGRI harus mampu memfasilitasi anggotanya untuk meningkatkan profesionalitas.

6. Kursus-kursus



C. MEMILIH WADAH PENINGKATAN PROFESIONALITAS

Wadah/forum merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan profesionalitas guru. Namun dalam menentukan forum kita harus dapat memilih dan memilah. Dalam hal ini forum dapat dipilah menjadi lima, yaitu
  1. Wadah yang menyelenggarakan kegiatan yang pesertanya sudah ditetapkan terlebih dahulu.
  2. Wadah yang menyediakan program yang dapat diikutioleh mereka yang memenuhi syarat tertentu.
  3. Wadah yang mempunyai anggota khusus dan program kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap anggota.
  4. Wadah dengan program terbuka bagi setiap guru.
  5. Wadah dengan program terbuka untuk umum, seperti kursus-kursus.

Memilih program yang terbuka untuk semua guru dan umum harus memperhatikan criteria-kriteria :
  1. Kegiatan harus ada kaitan dengan tugas sebagai guru.
  2. Kegiatan memungkinkan berkembangnya wawasan.
  3. Waktu kegiatan sesuai dengan waktu luang yang tesedia. Ada dalam batas-batas kemampuan untuk mengikutinya

SEJARAH PERKEMBANGAN IPS DI INDONESIA

Istilah IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pertama kali muncul dalam Seminar Nasional tentang Civic Education tahun 1972 di Tawangmangu Solo Jawa Tengah. Dalam laporan seminar tersebut, muncul 3 istilah dan digunakan secara bertukar pakai, yaitu
  1. Pengetahuan Sosial
  2. Studi Sosial
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial 
Konsep IPS untuk pertama kalinya masuk ke dunia persekolahan pada tahun 1972-1973 dalam Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan (PSSP) IKIP Bandung. Dalam kurikulum SD 8 tahun PPSP ini digunakan istilah “Pendidikan Kewarganegaraan Negara/Studi Sosial” sebagai mata pelajaran terpadu. Sedangkan dalam Kurikulum Sekolah Menengah 4 tahun, digunakan istilah :
  1. Studi Sosial sebagai mata pelajaran inti untuk semua siswa dan sebagai bendera untuk geografi, sejarah dan ekonomi sebagai mata pelajaran mayor ada jurusan IPS.
  2. Pendidikan Kewargaan Negara sebagai mata pelajaran inti bagi semua jurusan.
  3. Civics dan Hukum sebagai mata pelajaran mayor pada jurusan IPS.
Pada tahap kurikulum PPSP konsep pendidikan IPS diwujudkan dalam 3 bentuk, yaitu :
  1. Pendidikan IPS, terintegrasi dengan nama Pendidikan Negara/Studi Sosial.
  2. Pendidikan IPS terpisah, istilah IPS digunakan sebagai konsep paying untuk sejarah, ekonomi dan geografi.
  3. Pendidikan Kewargaan Negara sebagai suatu bentuk pendidikan IPS khusus.
Konsep pendidikan IPS tersebut lalu memberi inspirasi terhadap kurikulum 1975 yang menampilkan empat profil, yaitu :
  1. Pendidikan Moral Pancasila menggantikan Kewargaan Negara sebagai bentuk pendidikan IPS khusus.
  2. Pendidikan IPS terpadu untuk SD
  3. Pendidikan IPS terkonfederasi untuk SNIP yang menempatkan IPS sebagai konsep peyung untuk sejarah, geografi dan ekonomi koperasi.
  4. Pendidikan IPS terisah-pisah yang mencakup mata pelajaran sejarah, ekonomi dan geografi untuk SMA, atau sejarah dan geografi untuk SPG.
Konsep pendidikan IPS seperti itu tetap dipertahankan dalam Kurikulum 1984 yang secara konseptual merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 1975 khususnya dalam aktualisasi materi, seperti masuknya Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sebagai materi pokok PMP.

DalmKurikulum 1984, PPKn merupakan mata pelajaran sosial khusus yang wajib diikuti semua siswa di SD, SMP dan SMU. Sedangkan mata pelajaran IPS diwujudkan dalam :
  1. Pendidikan IPS terpadu di SD kelas I-IV.
  2. Pendidikan IPS terkonfederasi di SLTP yang mencakup geografi, sejarah dan ekonomi koperasi.
  3. Pendidikan IPS terpisah di SMU yang meliputi Sejarah Nasional dan Sejarah Umum di kelas I-II; Ekonomi dan Geografi di kelas I-II; Sejarah Budaya di kelas III program IPS.
Dimensi konseptual mengenai pendidikan IPS telah berulang kali dibahas dalam rangkaian pertemuan ilmiah, yakni pertemuan HISPISI pertama di Bandung tahun 1989, Forum Komunikasi Pimpinan HIPS di Yogyakarta tahun 1991, di Padang tahun 1992, di Ujung Pandang tahun 1993, Konvensi Pendidikan kedua di Medan tahun 1992. Salah satu materi yang selalu menjadi agenda pembahasan ialah mengenai konsep PIPS. Dalam pertemuan Ujung Pandang, M. Numan Soemantri, pakar dan ketua HISPISI menegaskan adanya dua versi PIPS sebagaimana dirumuskan dalam pertemuan di Yogyakarta, yaitu :

a. Versi PIPS untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.
PIPS adalah penyederhanaan, adaptasi dari disiplin Ilmu-ilmu Sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang duorganisir dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.

b. Versi PIPS untuk Jurusan Pendidikan IPS-IKIP
PIPS adalah seleksi dari disiplin Ilmu-ilmu Sosial dan humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisir dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.

PIPS untuk tingkat perguruan tinggi pendidikan Guru IPS direkonseptualisasikan sebagai pendidikan disiplin ilmu, sehingga menjasi Pendidikan Disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial (PDIPS).

Bertitik tolak dari pemikiran mengenai kedudukan konseptual PDIPS, dapat diidentifikasi sekolah objek telaah dari system pendidikan IPS, yaitu :
  1. Karakteristik potensi dan perilaku belajar siswa SD, SLTP dan SMU.
  2. Karakteristik potensi dan perilaku belajar mahasiswa FPIPS-IKIP atau JPIPS-STKIP/FKIP.
  3. Kurikulum dan bahan belajar IPS SD, SLTP dan SMU.
  4. Disiplin ilmu-ilmu sosial, humaniora dan disiplin lain yang relevan.
  5. Teori, prinsip, strategi, media serta evaluasi pembelajaran IPS.
  6. Masalah-masalah sosial, ilmu pengetahuan dan teknilogi yang berdampak sosial.
  7. Norma agama yang melandasi dan memperkuat profesionalisme.

PARADIGMA PEMBANGNAN PENGETAHUAN DALAM BIDANG PDIPS

Secara operasional paradigma pembangunan pengetahuan dalam bidang PDIPS diartikan sebagai pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang tertata secara utuh yang seyogianya digunakan oleh para pakar atau ilmuwan PDIPS dalam melakukan kegiatan "konstruksi, interpretasi, transformasi dan rekonstruksi (KITR)" pengetahuan sampai pada akhirnya ditemukan teori.


Jumat, 30 Oktober 2009

Tatanan Organisasi dan Bentuk-bentuk Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar

A. TATANAN ORGANISASI SEKOLAH DASAR

        Pada dasarnya, penyelenggaraan pendidikan di SD menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dan Pemerintah Daerah, baik Tingkat Propinsi (Dinas Pendidikan Propinsi), Kabupaten/Kota (Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota), maupun Kecamatan (Ranting Dinas) sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 tantang kewenangan Pemerintah dan kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonomi. Pengelolaan SD juga melibatkan Komite Sekolah sebagai lembaga mandiri, yang berperan dalam peningkatan mutu pelaynan pendidikan dan pengawasan pendidikan.
        Kemudian berdasarkan Undang-undang No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pemerintah Pusat (Depdiknas) menentukan Standar Nasional Pendidikan. Sedangkan Pemerintah Propinsi bertugas melakukan koordinasi atau penyelenggaraan pendidikan. Pengembangan tenaga kependidikan dan penyediaan fasilitas pendidikan lintas daerah Kabupaten/Kota untuk Pendidikan Dasar dan menengah.
Pengelolaan SD dilaksanakan berdsarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip kemandirian dan Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah. Dengan demikian, tanggung jawab utama pengelolaan SD berada di tangan SD sendiri.

B. BENTUK-BENTUK PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SD

        Untuk memenuhi kewajiban belajar pada jenjang Sekolah Dasar, pendidikan SD dapat dilakukan dalam berbagai bentuk yaitu pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal mencahup SD/MI, SDLB/ SD Unggulan atau Sekolah Nasional Plus dan SD Inklusi. Sedangkan pendidikan non formal mencakup Paket A dan Sekolah Rumah.
        SDLB diperuntukkan khusus bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam belajar karena kelainan fisik atau mental yang dialaminya, sedangkan SD Inklusi adalah SD biasa yang juga menerima anak-anak yang mempunyai kelainan, sehingga terjadi pambauran antara anak normal dengan anak berkelainan. Sementara itu, SD Unggulan atau Sekolah Nasional Plus adalah SD yang mempunyai keunggulan dalam aspek tertentu, seperti penggabungan bahasa asing yang menggunakan Kurikulum Internasional.
        Paket A adalah pendidikan nonformal jenjang SD yang diperuntukkan bagi warga Negara yang berusia 14 – 45 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan SD. Sekolah rumah atau home schooling adalah sekolah yang diselenggarakan di rumah melalui layangan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orang tua/keluarga di rumah atau tempat-tempat lain, dengan proses belajar yang kondusif sehingga potensi anak yang unik dapat berkembang secara optimal.

Kamis, 29 Oktober 2009

Registry Tweaks

Tips & Trik Registry WinXP Otak-atik regristri dibilang gampang-gampang, ya memang gampang. Jadi yang tidak tahu apa itu registry harus belajar dulu apa fungsinya registry. Yang udah tahu baik itu dikit atau banyak atau sama sekali tidak tahu, ini ada sedikit tip yang bisa anda lakukan kepada komputer anda, bukan komputer orang lain ya. Sebagian besar dari tip ini sudah dicoba dan dahasilnya lumayan, bisa buat nambah kecepatan dan keamanan komputer. Bagi yang kantong tipis atau malah gak ada kantongnya, bisa menerapkan cara ini. Dari pada membeli tool kemanan yang harganya bukan mahasiswa bgt. Tulisan ini diambil dari blognya mas Rudi (numpang ditampilin disini ya mas) dan ada juga buku yang membahas registry windows. Baca sampai abis atau Save Page
CATATAN PENTING!:
1.. Registry adalah penentu cara kerja OS Windows XP, oleh karenanya utak-atik registry berarti mengutak-atik cara kerja Windows XP anda.
2.. Agar terhindar dari trouble, sebelum mengutak-atik Registry, ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu.
a.. Klik tombol Start > Run. Ketik regedit dan tekan Enter setelah berada didalam jendela Run.
b.. Didalam Registry Editor, pilih menu File > Export.
c.. Setelah Export Registry File muncul, masukkan nama file ke bagian File Name, misalnya backup-registry dan sebagainya. tekan tombol Save.

Mempercepat Update Registry Tekan tombol Start > Log Off > Log Off.

Mengganti Wallpaper HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop Klik ganda pada wallpaper dan masukkan path gambar yang diinginkan pada Value Data.

Mengganti Nama Recycle Bin HKEY_CLASSES_ ROOT/CLSID/ {645FF040- 5081-101B- 9F08-00AA002F954 E} Klik ganda pada option (Default value) dan beri nama baru sesuai yang diinginkan pada Value Data.

Memunculkan Rename Pada Recycle Bin HKEY_CLASSES_ ROOT/CLSID/ {645FF040- 5081-101B- 9F08-00AA002F954 E}/ShellFolder Klik ganda pada Attributes > Edit Binary Value. Pada Value Data, ganti angka tersebut menjadi 0000 50 01 00 20.

Menyembunyikan Recycle Bin HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Desktop/NameSpac e Hapus subkey {645FF040-5081- 101B-9F08- 00AA002F954E} , kemudian Restart komputer untuk melihat hasilnya. Untuk memunculkannya kembali, buat kembali kombinasi angka {645FF040-5081- 101B-9F08- 00AA002F954E} .

Menambah Isi Shortcut Menu Pada Recycle Bin HKEY_CLASSES_ ROOT/CLSID/ {645FF040- 5081-101B- 9F08-00AA002F954 E}/ShellFolder Klik ganda Attributes dan ganti angka di Value Data dengan angka berikut ini: 0000 50 01 00 20 > Rename 0000 60 01 00 20 > Delete 0000 70 01 00 20 > Rename & Delete 0000 41 01 00 20 > Copy 0000 42 01 00 20 > Cut 0000 43 01 00 20 > Copy & Cut 0000 44 01 00 20 > Paste 0000 45 01 00 20 > Copy & Paste 0000 46 01 00 20 > Cut & Paste 0000 47 01 00 20 > Cut, Copy & Paste

Menambah Isi Shortcut Menu Pada Recycle Bin Dengan Menu Pilihan HKEY_CLASSES_ ROOT/CLSID/ {645FF040- 5081-101B- 9F08-00AA002F954 E}/Shell Klik menu Edit > New > Key dan beri nama yang diinginkan (Misalnya: Go To Windows Explorer). Dibawah key yang baru tersebut, tekan lagi menu Edit > New > Key dan buat sebuah key baru bernama Command. Klik ganda option (Default), dan pada bagian Value Data, isi dengan path Windows Explorer ( C:WINDOWSExplorer .exe).

Mengembalikan Folder Documents Yang Hilang Di My Computer HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ DocFolderPaths Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama sesuai dengan username yang digunakan di Windows (contohnya: Chippers) Klik ganda pada value tersebut dan masukkan path tempat dimana Documents anda berada (contohnya D:Documents)

Menyingkirkan File Stored Dari My Computer HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ MyComputer/ NameSpace/ DelegateFolders Hapus subkey {59031a47-3f72- 44a7-89c5- 5595fe6b30ee} dengan menekan tombol Del.

Menyembunyikan My Recent Documents HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoRecentDocsMenu. Kemudian klik ganda pada DWORD Value tersebut, dan berikan angka 1 untuk mengaktifkannya.

Menyembunyikan Menu Find HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoFind. Kemudian klik ganda pada DWORD Value tersebut dan berikan angka 1 untuk mengaktifkannya. Restart komputer.

Menyembunyikan Help And Support HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buatlah sebuah DWORD Value baru - Menu Edit > New > DWORD Value, dan beri nama NoSMHelp. Kemudian klik ganda pada NoSMHelp dan isi dengan angka 1 pada Value Data. Restart komputer.

Menyembunyikan Menu Run HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRun. Klik ganda dan masukkan angka 1 sebagai Value Data.

Menyembunyikan Menu Run Dari Start Menu (2) HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Cari value bernama Start_ShowRun, klik ganda dan masukkan angka 0 pada bagian Value Data.

Restart dgn Cepat !! Pada key : HKEY_LOCAL_MACHINE | Software | Microsoft | Windoes NT | Current Version | Winlogon Tambahkan string value EnableQuickReboot dan isi defautnya dengan 1

Menyembunyikan Log Off HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Klik menu Edit > New > Binary Value dan beri nama NoLogOff. Klik ganda pada NoLogOff dan masukkan angka 01 00 00 00 pada bagian Value Data.

Menyembunyikan Menu Turn Off Computer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoClose. Klik ganda NoClose dan beri angka 1 pada Value Data.

Cleartype Pada Logon Screen HKEY_USERS/. DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik ganda FontSmoothingType dan masukkan angka 2 pada Value Data.

Membuat Tampilan Berbeda Pada Jendela Logon HKEY_USERS/. DEFAULT/Software /Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/ThemeMana ger Klik ganda ColorName dan masukkan teks Metallic pada Value Data.

Menampilkan Administrator Di Welcome Screen HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft Windows NTCurrentVersion Winlogon SpecialAccounts UserLis t Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama Administrator. Klik ganda Administrator dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Login Otomatis HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Windows NT/CurrentVersion/ Winlogon Klik ganda AltDefaultUserName dan masukkan username account yang dipilih. Klik ganda AutoAdminLogon dan masukkan angka 1 pada Value Data. Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DefaultPassword. Klik ganda DefaultPassword dan masukkan password account yang dipilih pada Value Data.

Menyembunyikan Ikon Printer & Faxes dari Start Menu HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Cari value bernama Start_ShowPrinters dan berikan angka 0 pada Value Data.

Menyembunyikan Control Panel Dari Start Menu HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Cari value bernama Start_ShowControlPa nel dan klik ganda pada bagian tersebut. Masukkan angka 0 pada Value Data.

Menyembunyikan Menu My Pictures Dari Start Menu HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada Start_ShowMyPics dan masukkan angka 0 pada bagian Value Data.

Memunculkan Menu Administrative Tools HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada StartMenuAdminTools dan berikan angka 1 pada Value Data.

Memperkecil Ikon Start Menu HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada Start_LargeMFUIcons dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menghilangkan Username Pada Start Menu HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionPolicies Explorer Pilih Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoUserNameInStartMe nu. Klik ganda NoUserNameInStartMe nu dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Mencegah Perubahan Menu Start HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoChangeStartMenu. Klik ganda NoChangeStartMenu dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menyembunyikan My Recent Documents HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada Start_ShowRecentDoc s dan masukkan angka 0 pada Value Data.

Mengubah Nama Default Shortcut Penting Di Desktop HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ CLSID Klik ganda pada default value pada masing-masing subkey dibawah ini: My Network Places: {208D2C60-3AEA- 1069-A2D7- 08002B30309D} My Computer: {20D04FE0-3AEA- 1069-A2D8- 08002B30309D} My Documents: {450D8FBA-AD25- 11D0-98A8- 0800361B1103} Recycle Bin: {645FF040-5081- 101B-9F08- 00AA002F954E} Default IE Icon: {871C5380-42A0- 1069-A2EA- 08002B30309D} masukkan nama-nama unik sebagai pengganti nama defaultnya.

Menyembunyikan Ikon Di Desktop HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada HideIcons dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Membersihkan Semua Ikon Pada Desktop HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoDesktop. Klik ganda pada NoDesktop dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Membuat Desktop Lebih Stabil HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DesktopProcess. Klik ganda DesktopProcess dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menghapus Daftar Program Dalam Menu Run HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ RunMRU Di jendela sebelah kanan, akan terlihat deretan software-software (ditandai secara alphabet a, b, c, d, dan seterusnya). Untuk menghapusnya, cukup dengan memilih salah satu (atau semua) nama program yang ada dan tekan tombol Del. Jika muncul jendela konfirmasi untuk penghapusan data, tekan Yes.

Membersihkan Recent Documents HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRecentDocsHistory . Klik ganda pada NoRecentDocsHistory dan masukkan angka 1 pada bagian Value Data.

Menghilangkan Info Tip Pada Ikon Folders Di Desktop HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada FolderContentsInfoT ip dengan angka 0.

Mengunci Taskbar HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Klik ganda pada TaskBarSizeMove dan masukkan angka 0 pada Value Data.

Menghapus Past Items Icons Pada Taskbar HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionExplorer TrayNotify Hapus IconStreams dan PastIconsStream, kemudian buka Task Manager, pada Tab Processes klik kanan pada explorer.exe dan pilih End Process. Klik menu File > New Task (Run) dan ketikan kembali explorer dan tekan OK.

Menyembunyikan System Tray HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft WindowsCurr entVersionPolicies Explorer Jika key Explorer belum ada buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoTrayItemsDisplay. Klik ganda NoTrayItemsDisplay dan masukkan angka 1 pada Value Data. Untuk mengembalikan System Tray masukkan angka 0 pada Value Data.

Menonaktifkan Klik-kanan Pada Desktop HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoViewContextMenu. Klik ganda pada NoViewContextMenu dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Mengubah Waktu Delay Ketika Membuka Menu HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop Klik ganda pada MenuShowDelay dan ubah angka milidetik yang semula 400 menjadi angka lain. Semakin kecil semakin cepat.

Mengatur Ukuran Ikon Di Desktop Dan Start Menu HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop/ WindowMetrics Klik ganda pada Shell Icon Size dan ubah angka 32 menjadi angka lainnya, misalnya 10.

Mengganti Warna Windows HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Colors Klik ganda Window dan masukkan kombinasi warna RGB (gunakan Adobe PhotoShop untuk menemukan kombinasi warna yang sesuai).

Mengganti Warna Teks Dalam Windows HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Colors Klik ganda WindowText dan masukkan kombinasi warna RGB. Menghilangkan Tab Screen Saver HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ System HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ System Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoDispScrSavPage. Klik ganda NoDispScrSavPage dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Mengganti Screen Saver Lewat Registry HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop Klik ganda SCRNSAVE.EXE kemudian masukkan path tempat file Screen Saver yang diinginkan. Contoh: C:WINDOWSScreenSa ver.scr Menonaktifkan Default Screen Saver HKEY_USERS/. DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik ganda ScreenSaveActive dan masukkan angka 0 pada Value Data. Untuk mengembalikannya masukkan angka 1 pada Value Data.

Menghilangkan Tanda Anak Panah Pada Ikon Shortcut HKEY_CLASSES_ ROOT/Inkfile HKEY_CLASSES_ ROOT/piffile Ubah nama IsShortcut menjadi IsShortcuts.

Mengubah Style Wallpaper HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop Klik ganda pada WallpaperStyle dan masukkan angka sebagai berikut di Value Data: 1 > Center 2 > Stretch 3 > Tile

Menonaktifkan Peringatan Low Disk Space HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies Explorer Buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoLowDiskSpaceCheck s. Klik ganda NoLowDiskSpaceCheck s dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menonaktifkan Menu Properties My Computer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoPropertiesMyCompu ter. Klik ganda NoPropertiesMyCompu ter dan masukkan angka 1 pada Value Data. HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoPropertiesMyCompu ter. Klik ganda NoPropertiesMyCompu ter dan masukkan angka 1 pada Value Data. Jika key Explorer tidak ada, buat yang baru dengan mengklik menu Edit > New > Key dan beri nama Explorer.

Mengubah Ukuran CoolSwitch (Coba Tekan Alt+Tab, itulah yang disebut dengan CoolSwitch) HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop HKEY_USERS/. DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik CoolSwitchColumns dan aturlah seberapa panjang CoolSwitch ini akan ditampilkan dengan memasukkan angka yang diinginkan pada Value Data. Kemudian klik CoolSwitchRows dan lakukan hal yang serupa.

Menonaktifkan Fungsi CoolSwitch HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop HKEY_USERS/. DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik ganda pada CoolSwitch dan masukkan angka 0. Menonaktifkan Animasi Pada Windows XP HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop/ WindowMetrics Klik ganda pada MinAnimate dan masukkan angka 1 untuk menonaktifkan, dan 0 untuk mengaktifkannya kembali.

Mengubah Tombol Kiri Menjadi Tombol Kanan Pada Mouse HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Mouse Klik ganda pada SwapMouseButtons dan beri angka 1 pada Value Data. Mengubah Gulungan Baris Pada Scroll Mouse HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Desktop Klik ganda WheelScrollLines masukkan angka yang diinginkan (sesuai dengan baris yang hendak digulung) pada Value Data.

Menyembunyikan System Properties Pada Control Panel HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/don̢۪t load Buatlah sebuah String Value baru dan beri nama sysdm.cpl. Klik ganda sysdm.cpl dan masukkan input Yes pada bagian Value Data.

Menonaktifkan Display Properties HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies Pada bagian subkey Policies, buat sebuah key baru dengan cara Edit > New > Key dan beri nama System. Kemudian di subkey System, buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoDispCPL. Klik ganda NoDispCPL dan masukkan angka 1 pada Value Data. Mengatur Kecepatan Repeat Rate Keyboard HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/Keyboard Klik ganda KeyboardSpeed dan masukkan nilai yang diinginkan. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat pula Repeat Rate-nya.

Teks Bergaris Bawah Pada Notepad HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Notepad Klik ganda lfUnderline dan masukkan angka 1 pada Value Data. Mode Word Wrap Pada Notepad HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Notepad Klik ganda fWrap dan masukkan angka 1 pada Value Data. Status Bar Pada Notepad HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Notepad Klik ganda StatusBar dan masukkan angka 1 pada Value Data.

DVD Di Windows Media Player HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ MediaPlayer/ Player/Settings Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama DVDUI. Klik ganda DVDUI dan masukkan teks Yes pada Value Data. Menambah Identitas Windows Media Player HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Policies/ Microsoft HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Policies/ Microsoft/ Windows Klik Edit > New > Key dan beri nama WindowsMediaPlayer. Klik Edit > New > String Value dan beri nama TitleBar. Klik ganda TitleBar dan masukkan teks yang diinginkan pada Value Data.

Mengubah Tombol Stop Menjadi Tombol Play Pada Windows Media Player HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ MediaPlayer/ Objects/StopButt on Klik ganda onclick dan masukkan teks player.controls. play() pada Value Data.

Memilih Pemutar CD Audio Default HKEY_CLASSES_ ROOT/AudioCD/ Shell/Play/ Command Klik ganda (Default) dan masukkan path software yang anda inginkan sebagai pemutar CD Audio secara default. Misalnya: C:Program FilesWindows Media Playerwmplayer. exe

Mengembalikan Akses Ke CD-ROM Setelah menguninstall sebuah program pembakar CD, adakalanya CD-ROM tidak bisa lagi diakses, solusinya: HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEMCurrentCo ntrolSet Contro lClass{4D36E965- E325-11CE- BFC1-08002BE1031 8} Hapus subkey LowerFilters dan UpperFilters dengan menekan tombol Del.

Memperkecil Ukuran Thumbnail Untuk Windows Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer Pilih menu Edit > New > Binary Value dan beri nama ThumbnailSize. Klik ganda ThumbnailSize dan masukkan angka 20 pada Value Data.

Membuat Shortcut Menu Pribadi Di Windows Explorer HKEY_CLASSES_ ROOT/Drive/ Shell Pilih Edit > New > Key dan beri nama Winamp sebagai contohnya. Klik ganda option (Default) disisi kanan registry editor dan masukkan teks Winamp. Klik subkey Winamp dan pilih menu Edit > New > Key dan beri nama Command. Klik ganda option (Default) dan masukkan path C:Program FilesWinamp Winamp.exe pada Value Data.

Enkripsi Melalui Menu Konteks HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Advanced Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama EncryptionContextMe nu. Klik ganda EncryptionContextMe nu dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Mengganti Ikon Pada Drives HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft WindowsCurr entVersionExplorer Jika belum ada, pilih Edit > New > Key dan beri nama sesuai dengan drive yang diinginkan [contohnya: C untuk drive C:] Pada value tersebut, buat sebuah Key baru lagi dan beri nama DefaultIcon. Klik ganda option (Default) dan masukkan path tempat ikon berada (contohnya: D:Documents C Drive Icon.ico)

Menyembunyikan Drive HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Pilih Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoDrives. Klik ganda NoDrives dan tentukan drive mana yang ingin dihilangkan pada Value Data. Contoh: jika ingin menghilangkan drive E:, masukkan angka 16 pada Value Data. Kombinasi angka pada Value Data adalah sebagai berikut: A: > 1 B: > 2 C: > 4 D: > 8 E: > 16 F: > 32 G: > 64 H: > 128 I: > 256 J: > 512 K: > 1024 L: > 2048 M: > 4096 Semua: > 67108863

Membuat Tip Of The Day Windows Explorer Untuk mengaktifkannya buka Windows Explorer kemudian pilih menu View > Explorer Bar > Tip of the Day. HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ Tips Di jendela sebelah kanan akan terlihat deretan tip-tip yang tersimpan dalam value 0 - 49. Dua hal yang bisa dilakukan adalah mengganti tip-tip yang dengan klik ganda masing-masing value dengan teks yang diinginkan. Kedua adalah menambah tip-tip baru dimulai dengan urutan setelah value 49 (misalnya 50 dst.). Pilih Edit > New > String Value dan beri nama berbentuk angka yang melanjutkan angka terakhir pada tip (misalnya 50 dst.). Klik ganda pada value yang baru tersebut dan isikan dengan teks yang diinginkan pada Value Data.

Menyembunyikan Advanced Settings Pada Folder Options Windows Explorer HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer Dibawah key Explorer akan ditemukan subkey bernama Advanced. Klik kanan dan pilih Rename. Ubah nama Advanced menjadi Advancedx.

Kode Curang Bermain Game Hearts HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Applets Klik menu Edit > New > Key dan beri nama Hearts. Klik menu Edit > New > String Value dan beri nama ZB dan isikan angka 42 pada Value Data. Buka game Hearts pada Start Menu > All Programs > Games. Setelah memasukkan nama pemain, tekan kombinasi tombol berikut: Ctrl+Shift+Alt+ F12 dan semua kartu akan terbuka.

Membersihkan Sampah Registry HKEY_CLASSES_ ROOT/Application HKEY_CURRENT_ USER/Software HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE Pilih salah satu subkey yang merupakan nama software yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol Del.

Membersihkan Sampah Uninstall HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Uninstall Hapus subkey yang memiliki nama yang sama dengan software yang telah di-uninstall.

Menghapus Daftar Program Yang Tidak Diinginkan Dari Add/Remove Programs HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft Windows CurrentVersion Uninstall Hapus subkey yang berisikan program yang tidak diinginkan dengan menekan tombol Del.

Menjalankan Program Saat StartUp HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Run Pilih menu Edit > New > String Value dengan nama Winamp misalnya. Klik ganda pada value tersebut dan masukkan path tempat program tersebut terinstall (C:Program FilesWinamp Winamp.exe) .

Menghapus StartUp Items Di MSCONFIG Klik Start > Run > ketik msconfig, kemudian klik pada tab startup, hilangkan tanda centang pada program yang ingin dihapus dari daftar startup. HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft WindowsCurr entVersionRun HKEY_CURRENT_ USERSOFTWARE Microsoft WindowsCurre ntVersionRun Hapus subkey yang berisikan program-program yang tidak diinginkan dengan menekan tombol Del.

Mempercepat Proses Shutdown Windows XP HKEY_LOCAL_MACHINE/ SYSTEM/CurrentCo ntrolSet/ Control Klik ganda WaitToKillServiceTi meout dan ubah nilainya menjadi lebih rendah dari 2000.

Mengganti AM Dan PM Menjadi Pagi Dan Sore HKEY_CURRENT_ USER/Control Panel/International Klik ganda s1159 dan ubah teks AM dengan PAGI. klik ganda s2359 dan ubah teks PM dengan SORE.

Menonaktifkan Fungsi AutoRun HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies/ Explorer Klik ganda NoDriveTypeAutoRun dan masukkan angka 95 pada Value Data.

Mematikan Secara Otomatis Program Not Responding HKEY_USERS/. DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Memunculkan Option My Computer Yang Tersembunyi HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Internet Settings/Zones/ 0 Klik ganda Flags kemudian ganti menjadi Decimal dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menonaktifkan Fungsi New Window Di Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Policies/ Microsoft/ Internet Explorer/Restrictio ns Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoOpeninNewWnd. Klik ganda NoOpeninNewWnd dan masukkan 1 pada Value Data.

Mengganti Background Toolbar Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Internet Explorer/Toolbar Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama BackBitmap. Klik ganda BackBitmap dan isikan dengan path tempat gambar bitmap (.bmp) yang akan menjadi background toolbar berada pada Value Data. Contohnya: C:WINDOWSWallpape r.bmp

Mengganti Versi Internet Explorer Untuk mengetahui versi Internet Explorer yang dimiliki: Help > About Internet Explorer pada browser Internet Explorer. HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Internet Explorer Klik ganda Version dan masukkan angka yang diinginkan pada Value Data.

Mengecek ProductID Internet Explorer HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Internet Explorer/Registrati on Lihat ProductID pada key ProductId, pada value tersebut akan tercatat berapa ProductID Internet Explorer yang digunakan.

Mode Full Screen Pada Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Internet Explorer/Main Klik ganda FullScreen dan masukkan teks Yes pada Value Data.

Mengganti Title Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Internet Explorer/Main Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama Window Title. Klik ganda Window Title dan masukkan teks yang diinginkan pada Value Data.

Membersihkan Daftar URL Pada Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Internet Explorer/TypedURLs Hapus value url1, url2 dan seterusnya dengan menekan tombol Del.

Menyembunyikan Tombol Go Pada Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Internet Explorer/Main Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama ShowGoButton. Klik ganda ShowGoButton dan masukkan angka 0 pada Value Data.

Mengganti Nama Ikon Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurrentV ersionExplorer CLSID{871C5380- 42A0-1069- A2EA-08002B30309 D} Klik ganda pada value (Default) disamping kanan, masukkan teks yang diinginkan pada Value Data.

Menambahkan Domain .Gov Pada Pencarian Website HKEY_LOCAL_MACHINE/ SOFTWARE/ Microsoft/ Internet Explorer/Main/ UrlTemplate Pilih Edit > New > String Value dan beri nama dengan angka yang merupakan kelanjutan dari angka-angka yang sudah ada. Klik ganda pada value tersebut dan ketik %s.gov pada Value Data.

Tweaking Memory Pada Windows XP HKEY_LOCAL_MACHINE/ SYSTEM/CurrentCo ntrolSet/ Control/Session Manager/Memory Management Klik ganda pada DisablePagingExecut ive dan masukkan angka 1 pada Value Data. Apabila diaktifkan,Windows tidak akan melakukan paging file ke dalam hard disk. Sistem operasi dan program-program menjadi lebih responsif. Disarankan untuk komputer yang memiliki memori lebih dari 128MB. Klik ganda pada LargeSystemCache dan masukkan angka 1 pada Value Data. Jika diaktifkan, sistem akan mengalokasikan seluruh memori (kecuali 4 MB untuk disk caching) untuk file caching. Komputer akan melakukan caching kernel XP di dalam memory sehingga Windows XP dapat berjalan lebih cepat. Unload .dll

Untuk Mempercepat Akses Memori HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft WindowsCurr entVersionExplorer Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama AlwaysUnloadDLL. Pada option Default Value masukkan angka 1.
Menghapus Pagefile Saat Shut Down HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEMCurrentCo ntrolSet Contro lSession ManagerMemory Management Klik ganda ClearPageFileAtShut down dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Memindahkan Pagefile HKEY_LOCAL_MACHINE/ SYSTEM/CurrentCo ntrolSet/ Control/Session Manager/Memory Management Klik ganda PagingFiles kemudian ganti path ke lokasi baru yang diinginkan. Misalnya: D:pagefile. sys 1024 1024

Mengembalikan Fungsi Search Kedalam Tampilan Lama HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Explorer/ CabinetState Pilih menu Edit > New > String Value dan beri nama UseSearchAsst. Klik ganda UseSearchAsst dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menyembunyikan Device Manager HKEY_CURRENT_ USER/Software/ Microsoft/ Windows/CurrentV ersion/Policies Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama System. Di subkey System buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoDevMgrPage. Klik ganda NoDevMgrPage dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Mengoptimalkan Hard Disk Disaat Komputer Dalam Keadaan Idle HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE Microsoft WindowsCurr entVersionOptimalL ayout Buatlah sebuah DWORD Value Baru dan beri nama EnableAutoLayout. Klik ganda EnableAutoLayout dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menghilangkan Opsi Run As Pada Menu Konteks HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionPolicies Explorer HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft WindowsCurr entVersionPolicies Explorer Buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama HideRunAsVerb. Klik ganda HideRunAsVerb dan masukkan angka 0 pada Value Data.

Menonaktifkan Windows XP Tour HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionApplets Tour HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft WindowsCurr entVersionApplets Tour Buatlah sebuah DWORD Value baru jika belum ada dan beri nama RunCount. Klik ganda RunCount dan masukkan angka 0 pada Value Data.

Menyimpan Perubahan Pada Konfigurasi Notepad HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft Notepad Buatlah masing-masing DWORD Value baru dan beri nama fSavePageSettings dan fSaveWindowPosition s. Klik ganda pada fSavePageSettings dan fSaveWindowPosition s dan masukkan angka 1 pada masing-masing Value Data.

Informasi Terperinci Di Device Manager HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEMCurrentCo ntrolSet Contro lSession ManagerEnvironment Buatlah sebuah String Value baru atau ubah String Value yang telah ada yang bernama DEVMGR_SHOW_ DETAILS. Klik ganda DEVMGR_SHOW_ DETAILS dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menunjukkan Semua Hidden Devices Pada Device Manager HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEMCurrentCo ntrolSet Contro lSession ManagerEnvironment Buatlah sebuah String Value baru dan beri nama DEVMGR_SHOW_ NONPRESENT_ DEVICES. Klik ganda DEVMGR_SHOW_ NONPRESENT_ DEVICES dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menonaktifkan Task Manager HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionPolicies System HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft WindowsCurr entVersionPolicies System Buatlah DWORD Value baru dan beri nama DisableTaskMgr. Klik ganda DisableTaskMgr dan masukkan 1 pada Value Data.

Menggunakan Smooth Scrolling Di Internet Explorer HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft Internet ExplorerMain Jika belum ada, buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama SmoothScroll. Klik ganda SmoothScroll dan masukkan angka 1 pada Value Data.

Menonaktifkan Image Preview Menggunakan Windows Picture & Fax Viewer HKEY_CLASSES_ ROOTSystemFileA ssociations imageShe llExContextMenuHan dlersShellImage Preview Klik ganda pada value Default dan kosongkan nilainya (hapus {e84fda7c-1d6a- 45f6-b725- cb260c236066} )

Mengubah Setting Thumbnail HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionExplorer HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft WindowsCurr entVersionExplorer Jika belum ada, buatlah sebuah DWORD Value baru dan beri nama ThumbnailSize dan ThumbnailQuality. Klik ganda ThumbnailSize dan masukkan nilai yang diinginkan sesuai dengan ukuran dalam piksel. Klik ganda ThumbnailQuality dan masukkan nilai yang diinginkan sesuai dengan persentasi kualitasnya (50% - 100%).

Menonaktifkan Cache Pada Thumbnail HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionExplorer Advanced Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DisableThumbnailCac he. Klik ganda DisableThumbnailCac he dan masukkan 1 pada Value Data.

Mengubah Warna Pada File Yang Terenkripsi HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionExplorer Buat sebuah Binary Value baru dan beri nama AltEncryptionColor. Klik ganda AltEncryptionColor dan masukkan input warna RGB yang diinginkan. Hints: RR GG BB 00 (Default 00 80 40 00)

Mengubah Warna Pada File Dan Folder Terkompresi HKEY_CURRENT_ USERSoftware Microsoft WindowsCurre ntVersionExplorer Buat sebuah Binary Value baru jika belum tersedia dan beri nama AltColor. Klik ganda AltColor dan masukkan input warna RGB yang diinginkan. Hints: RR GG BB 00 (Default 00 00 ff 00) Note: Untuk mengaktifkan fitur ini pada Folder Options beri tanda centang Show encrypted or compressed NTFS in color.

Taman Siswa Dan Kontribusinya Untuk Bangsa

A. PENDIDIKAN TAMAN SISWA
            Perguruan Taman Siswa merupakan sekolah tertua di Indonesia yang hingga kini masih eksis. Perguruan ini didirikan tanggal 3 Juli 1992 dengan nama Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa atau Perguruan Nasional Taman Siswa atas prakarsa Raden Mas Soewardi Soeryaningrat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ki Hajar Dewantara yang terkenal dengan semboyannya ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani..
            Perguruan ini awalnya merupakan bagian dari alat perjuangan meraih kemerdekaan melalui perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat dengan menggunakan pendidikan dalam arti luas. Ki Hajar Dewantara menjadikan Tamansiswa sebagai kawah candradimukanya patriot bangsa. Melalui Tamansiswa, generasi muda Indonesia dibangun semangat kebangsaannya, rasa cinta tanah airnya dan ditanamkan nilai-nilai kebhinekaan (pluralisme). Dengan konsep pendidikan yang berdasarkan garis hidup bangsa yang ditujukan untuk keperluan prikehidupan yang dapat mengangkat derajat hidup manusia, bangsa dan Negara.
            Taman siswa pernah mengalami masa kejayaan. Pada zaman kejayaannya, cantrik-cantrik Tamansiswa disadarkan bahwa kaum pribumi (inlander) adalah bangsa yang terjajah, dijajah oleh tuan menir yang berkulit putih. Walaupun ada sekolah negeri yang didirikan oleh Belanda pada waktu itu, tetapi semangatnya ialah untuk mencetak para ambtenar yang siap mengabdi dan bekerja untuk kepentingan penjajah. Berbeda dengan sekolah Tamansiswa yang semangatnya adalah untuk mengangkat derajat manusia, bangsa dan Negara Indonesia. Ketika sebagian besar rakyat Indonesia sadar akan posisinya sebagai bangsa yang terjajah dan semangat kebangsaannya bangkit, maka Tamansiswa mendapat dukungan rakyat sehingga berkembang pesat, cabang-cabangnya berdiri di seluruh nusantara.
            Pada zaman revolusi, Tamansiswa memberi banyak kepada negeri ini. Dari Tamansiswa banyak pahlawan kemerdekaan lahir yang berjuang untuk Indonesia merdeka.Dari Tamansiswa tumbuh kader-kader nasionalis yang pada awal kemerdekaan perannya sangat signifikan. Banyak menteri dijabat dari orang-orang Tamansiswa. Konsep pendidikan Tamansiswa menjadi guru Sistem Pendidikan Nasional.
 
B. LATAR BELAKANG BERDIRINYA TAMAN SISWA
            Ki Hajar Dewantara (KHD) ialah salah satu tokoh pergerakan nasional Indonesia, berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Perjalanan hidupnya penuh dengan perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsa Indonesia. Ia menamatkan sekolah di ELS (Sekolah Dasar Belanda), lalu melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumipoetra). Namun tidak sampai lulus karena sakit. Ia lalu bekerja sebagai wartawan pada beberapa surat kabar. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif dan mampu membangkitkan anti kolonial bagi para pembacanya.
            Pada tahun 1908 ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat indonesia mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan.
            Tanggal 25 Desember 1912 bersama douwes Dekker (Dr. Danudirja Setiabudi) dan dr. Cipto Mangunkusumu mendidikan Indische Partij ( Partai Politik Pertama yang beraliran Nasionalisme Indonesia).
            Pada November 1913 ia ikut membentuk Komite Bumipoetra sebagai tandingan dari Komite Perayaan Seratus Tahun Kemerdekaan Belanda. Dalam komite Bumipoetra ini, KHD mengkritik Pemerintah Kolonial Belanda melalui tulisan yang berjudul Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan Een vor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu). Tulisan Seandainya Aku Seorang Belanda dimuat dalam surat kabar de Express milik Dr. Douwes Dekker.
            Akibat tulisan itu, Pemerintah Kolonial Belanda menjatuhkan hukuman vuang kepada KHD ke pulau Bangka. Douwes Dekker dan Cipto Mangunkusumo membela KHD lewat tulisan mereka, namun tulisan tersebut juga dianggap menghasut rakyat untuk memusuhi dan memberontak oleh pemerintah Belanda.
            Akhirnya, Douwes Dekker dihukum buang ke Kupang dan Cipto Mangunkusumo dibuang ke Pulau Banda. Atas permohonan mereka, akhirnya pada bulan Agustus 1913 mereka dibuang ke Negeri Belanda.
            Di Belanda, KHD mempergunakan kesempatan itu untuk mendalami masalah pendidikan dan pengajaran hingga memperoleh gelar Europeesche Akte. Dalam studinya, KHD terpikat pada ide-ide sejumlah tokoh pendidikan Barat,seperti Froebel dan Montessori, serta Pergerakan pendidikan India, Santiniketan, oleh keluarga Tigore. Pengaruh-pengaruh inilah yang mendasarinya dalam mengembangkan sistem pendidikannya sendiri.
            Tahun 1918, KHD kembali ke Indonesia dengan strategi perjuangan baru, yaitu dengan cara mencerdaskan kehidupan bangsanya. KHD berpikir bahwa rakyat yang bisa membaca, menulis, cerdas dan mencintai bangsanya akan mudah dimobilisasi dan digerakkan untuk Indonesia merdeka. Maka pada tahun 1922, didirikanlah Taman Siswa.
 
C. PERKEMBANGAN PENDIDIKAN TAMAN SISWA
            Seperti telah disinggung pertama kali, Pendidikan Taman Siswa hingga saat ini masih eksis. Masing-masing tingkatan dalam Taman Siswa memiliki nama yang unik, seperti ;
۩              Taman Indria atau Taman Kanak-kanak (TK)
۩              Taman Muda atau Sekolah Dasar (SD)
۩              Taman Dewasa atau Sekolah Menengah pertama (SMP)
۩              Taman Madya atau Sekolah Menengah Atas (SMA)
۩              Taman Guru atau Sarjana Wiyata atau Universitas            . 
            Pendidikan Taman Siswa dilaksanakan berdasarkan sistem Among yaitu sistem pendidikan yang berjiwa kekeluargaan dan bersendikan kodrat alam dan kemerdekaan. Dalam sistem ini, setiap pendidik harus meluangkan waktu selama 24 jam setiap harinya untuk memberikan pelayanan kepada anak didik. Sistem Among ini berdasarkan cara berlakunya disebut sistem Tut Wuri Handayani. Orientasi pendidikan adalah pada anak didik yang dalam terminology baru disebut student centered.
            Untuk mencapai tujuan pendidikannya, Taman Siswa menyelenggarakan kerjasama yang selaras antara lingkungan keluarga, lingkungan keguruan dan lingkungan masyarakat. Selain itu, Taman Siswa mempunyai ciri khas yaitu Pancadrama : Kodrat Alam (memperhatikan Sunatullah). Kebudayaan (trikon), Kemerdekaan (memperhatikan potensi dan minat masing-masng individu dan kelompok), Kebangsaan (berorientasi pada keutuhan bangsa dengan berbagai macam suku) dan Kemanusiaan (menjunjung harkat dan martabat setiap orang)
            Tujuan yang utama dari pendidikan Taman Siswa saat ini ialah membangun anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Merdeka lahir batin, luhur akal budinya, cerdas dan berketerampilan serta sehat jasmani dan rohaninya untuk menjadi anggota masyarakat yang mendiri dan bertanggung jawab atas kesejahteraan bangsa, tanah air serta manusia pada umumnya. Meskipun dengan susunan kalimat yang berbeda, namun tujuan pendidikan Taman Siswa ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional.
 
 
DAFTAR PUSTAKA