Cari Blog Ini

Kamis, 12 Desember 2013

Contoh Abstrak Dalam Karil

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS VI SDN PABANGBON

DENI SYAHYADI
NIM : 819 310 581
densfiez@gmail.com 

ABSTRAK
Pembelajaran operasi hitung campuran di kelas 6 SDN Pabangbon belum sesuai dengan harapan, hal ini diketahui dari hasil nilai siswa pada akhir pembelajaran ada di bawah KKM. Hanya 4 dari 22 siswa (18,18%) yang berhasil memperoleh nilai diatas KKM. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian untuk memperbaiki keadaan tersebut dengan mengadakan perbaikan dengan menggunakan model belajar cooperative learning tipe STAD dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus berdasarkan refleksi dari pembelajaran sebelumnya. Hasil yang di dapat dari perbaikan tersebut cukup berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti pada akhir perbaikan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM menjadi 20 dari 22 orang siswa (90,90%) dengan nilai antara 80 – 100 dan daya serap siswa sebesar 81,84%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika tentang operasi hitung campuran di kelas 6 SDN Pabangbon.

Kata kunci :  Model Cooperative Learning tipe STAD, Hasil Belajar, Operasi Hitung Campuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar