A. PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU
Peningkatan profesionalitas secara berkelanjutan merupakan salah satu rumpun kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru. Salah satu diantaranya ialah mampu memperbaiki melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran akhir dari peningkatan profesionalitas ialah meningkatnya kualitas kinerja guru.
Kegiatan untuk meningkatkan profesionalitas guru :
Peningkatan profesionalitas secara berkelanjutan merupakan salah satu rumpun kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru. Salah satu diantaranya ialah mampu memperbaiki melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran akhir dari peningkatan profesionalitas ialah meningkatnya kualitas kinerja guru.
Kegiatan untuk meningkatkan profesionalitas guru :
- Melalui refleksi pada setiap akhir pembelajaran atau kegiatan melijat ulang apa yang sudah terjadi sehingga dapat dijadikan acuan.
- Berkolaborai dengan teman sejawat yang dilakukan sejak awal ketika mengidentifikasi adanya masalah melalui refleksi sampai dengan menulis laporan.
- Menomunikasikan hasil-hasil PTK melalui media.
- Mengikuti perkembangan dunia pendidikan.
- Mengikuti kegiatan ilmiah.
- Berperan serta dalam berbagai kegiatan pendidikan.
- Mengikuti perkembangan ilmu. Mengikuti kegiatan guru.
B. BERBAGAI WADAH PENINGKATAN PROFESIONALITAAS GURU
1. kelompok Kerja Guru (KKG)
Diantara kegiatan KKG :
Diantara kegiatan LPMP yang berkaitan dengan profesionalitas guru :
KP merupakan wadah peningkatan pembelajaran profesionalitas guru dan calon guru melalui berbagai informasi.
4. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)
LPTK merupakan wadah pendidikan formal yang menyediakan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kualifikasi.
5. Persatuan Guru Republik Indoneia (PGRI)
PGRI didirikan 25 November 1945 sebagai organisasi profesi yang bersifat unitaristik dan non politik praktis. PGRI harus mampu memfasilitasi anggotanya untuk meningkatkan profesionalitas.
6. Kursus-kursus
C. MEMILIH WADAH PENINGKATAN PROFESIONALITAS
Wadah/forum merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan profesionalitas guru. Namun dalam menentukan forum kita harus dapat memilih dan memilah. Dalam hal ini forum dapat dipilah menjadi lima, yaitu
Memilih program yang terbuka untuk semua guru dan umum harus memperhatikan criteria-kriteria :
1. kelompok Kerja Guru (KKG)
Diantara kegiatan KKG :
- Berbagi pengalaman tentang pembelajaran guru yang sudah berhasil maupun masalah-masalah yang belum terpecahkan.
- Berbagi informasi model-model pembelajaran terbaru.
- Penelitian mengenai kinerja guru (metodik khusus).
Diantara kegiatan LPMP yang berkaitan dengan profesionalitas guru :
- Pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran, seperti penyusunan KTSP.
- Penataran atau pelatihan bagi para guru.
- Kegiatan sosialisasi kebijakan yang terkait dengan guru.
KP merupakan wadah peningkatan pembelajaran profesionalitas guru dan calon guru melalui berbagai informasi.
4. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)
LPTK merupakan wadah pendidikan formal yang menyediakan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kualifikasi.
5. Persatuan Guru Republik Indoneia (PGRI)
PGRI didirikan 25 November 1945 sebagai organisasi profesi yang bersifat unitaristik dan non politik praktis. PGRI harus mampu memfasilitasi anggotanya untuk meningkatkan profesionalitas.
6. Kursus-kursus
C. MEMILIH WADAH PENINGKATAN PROFESIONALITAS
Wadah/forum merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan profesionalitas guru. Namun dalam menentukan forum kita harus dapat memilih dan memilah. Dalam hal ini forum dapat dipilah menjadi lima, yaitu
- Wadah yang menyelenggarakan kegiatan yang pesertanya sudah ditetapkan terlebih dahulu.
- Wadah yang menyediakan program yang dapat diikutioleh mereka yang memenuhi syarat tertentu.
- Wadah yang mempunyai anggota khusus dan program kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap anggota.
- Wadah dengan program terbuka bagi setiap guru.
- Wadah dengan program terbuka untuk umum, seperti kursus-kursus.
Memilih program yang terbuka untuk semua guru dan umum harus memperhatikan criteria-kriteria :
- Kegiatan harus ada kaitan dengan tugas sebagai guru.
- Kegiatan memungkinkan berkembangnya wawasan.
- Waktu kegiatan sesuai dengan waktu luang yang tesedia. Ada dalam batas-batas kemampuan untuk mengikutinya