MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PENGGUNAAN MODEL
COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI
HITUNG CAMPURAN DI KELAS VI SDN PABANGBON
DENI SYAHYADI
NIM : 819
310 581
densfiez@gmail.com
ABSTRAK
Pembelajaran
operasi hitung campuran di kelas 6 SDN Pabangbon belum sesuai dengan harapan,
hal ini diketahui dari hasil nilai siswa pada akhir pembelajaran ada di bawah
KKM. Hanya 4 dari 22 siswa (18,18%) yang berhasil memperoleh nilai diatas KKM.
Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian untuk memperbaiki keadaan
tersebut dengan mengadakan perbaikan dengan menggunakan model belajar
cooperative learning tipe STAD dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat
meningkat. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus berdasarkan
refleksi dari pembelajaran sebelumnya. Hasil yang di dapat dari perbaikan
tersebut cukup berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti pada
akhir perbaikan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM menjadi 20 dari 22
orang siswa (90,90%) dengan nilai antara 80 – 100 dan daya serap siswa sebesar
81,84%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran cooperative learning
tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
matematika tentang operasi hitung campuran di kelas 6 SDN Pabangbon.
Kata kunci : Model Cooperative Learning tipe STAD, Hasil
Belajar, Operasi Hitung Campuran